Kita bisa beruntung|Kalau makan buah semangka|Kalau suka menghitung|Bisa jadi guru matematika :D

Minggu, 28 Oktober 2012

Makna Hari Pahlawan

Tepat tanggal 10 November merupakan peringatan hari pahlawan. Berawal dari pertempuran di Surabaya yang merupakan perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan sebagai salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah revolusi Indonesia hingga menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.


Sebuah bentuk perjuangan yang tulus demi mempertahankan kemerdekaan. Pengorbanan yang tiada tara dari para pejuang meski nyawa menjadi taruhannya. Demikian luhur niat para pejuang pada saat itu tanpa mengharapkan balas budi atau pujian dari siapapun. Suatu ketulusan yang sudah sangat sulit ditemukan saat ini. Merekalah pahlawan sejati yang sesungguhnya.

Apa makna hari pahlawan bagi kita sekarang ? Makna utama yang perlu kita teladani dan relevansinya tak lekang oleh waktu adalah rasa "kebersamaan" sebagai satu bangsa, meski ada perbedaan keyakinan, suku, pandangan politik, strata sosial dan sebagainya. Namun berkat satu keinginan, perbedaan tersebut bukan menjadi penghambat kebersamaan para pejuang dulu untuk meraih dan mempertahankan kemerdekaan.

Kondisi yang ada sekarang memang berbeda dengan yang dulu, tapi paling tidak rasa nasionalisme bangsa ini masih terbukti ketika Malaysia menangkap petugas kelautan kita atau ketika duta olahraga kita bertanding di ajang internasional. Artinya "rasa kebersamaan" itu tetap ada dan akan selalu ada. Namun wujud kebersamaan itu akan lebih baik jika diimplementasikan kedalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya bersifat situasional saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Pet